Gedangsari; PDMGK.org.Bencana banjir dan longsor yang tetjadi di wilayah Kecamatan Gedangsari menyisakan material longsor, Minggu (10/03) Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) kembali menerjunkan belasan personil relawan dari Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) untuk membersihkan material longsor di sungai dan rumah warga terdampak.

Komandan Kokam Gunungkidul Bintara Bayu Aji mengatakan bahwa, belasan personil MDMC dan Kokam tersebut diterjunkan di Padukuhan Krijing, Desa Mertelu, Kecamatan Gedangsari. Di lokasi tersebut terdapat 1 rumah hancur, 2 rumah rusak berat, 7 rumah rusak ringan dan 3 rumah terancam longsoran.

“Selain itu 1 jembatan runtuh membuat warga terisolir,”ujarnya, Senin

Selain membersihkan material belasan personil Kokam juga menyusun talud darurat di tepi rumah warga yang terdampak longsor. Sementara sisa metarial longsor berupa batu-batu besar dan pepohonan yang hanyut di aliran sungai dibersihkan menggunakan peralatan yang sudah dipersiapkan.

Aksi nyata Belasan Kokam Bersihkan Material Longsor Gedangsari
Aksi nyata Belasan Kokam Bersihkan Material Longsor Gedangsari

“Personil juga membuat lintasan darurat bagi warga untuk beraktivitas menyeberang sungai. Kondisi jembatan runtuh, hanyut dan tertimbun batuan besar yang berserakan di sungai,”imbuhnya

Diketahui sebelumnya bencana banjir yang terjadi di beberapa Kecamatan di Gunungkidul salah satunnya di Kecamatan Gedangsari berakibat longsor. Longsor yang menimpa sekitat rumah warga di Padukuhan Krijing, Desa Mertelu membuat sebagian warga harus mengungsi.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.