Berikut ini adalah 12 Langkah Muhamamdiyah yang disampaikan oleh Ketua MPK Pimpinan Daerah Muhamamdiyah Gunungkidul Ustadz Irwan Triyanto.

Dalam penyampaian 12 Langkah Muhammadiyah yang beliau sampaikan ini sangat mengena dan kalau dalam bahasa gaulnya To The Point. Selamat menyimak.

  1. MEMPERDALAM MASUKNYA IMAN

    Hendaklah Iman itu ditablighkan, disiarkan dengan selebar-lebarnya, yakni diberi riwayatnya dan diberi dalil buktinya, dipengaruhkan dan digembirakan, sampai iman itu mendarah daging, masuk di tulang sumsum dan mendalam di hati sanubari kita, sekutu-sekutu Muhammadiyah seumumnya.

  2. MEMPERLUASKAN FAHAM AGAMA

    Hendaklah Faham Agama yang sesungguhnya itu dibentangkan dengan arti yang seluas-luasnya, boleh diujikan dan diperbandingkan, sehingga kita sekutu2 Muhammadiyah mengerti perluasan Agama Islam, itulah yang paling benar, ringan dan berguna, maka mendahulukanlah pekerjaan keagamaan itu.

  3. MEMPERBUAHKAN BUDI PEKERTI

    Hendaklah diterangkan dengan jelas yentang akhlaq yang terpuji dan akhlaq yang tercela serta diperbahasakannya tentang memakainya akhlaq yang mahmudah dan menjauhkannya akhlaq yang madzmumah itu, sehingga menjadi amalan kita, ya seorang sekutu Muhammadiyah, kita berbudi pekerti yang baik lagi berjasa

  4. Hendaklah senantiasa melakukan perbaikan diri kita sendiri (self corectie), segala usaha dan pekerjaan kita, kecuali diperbesarkan, supaya diperbaikilah juga. Buah penyelidikan perbaikan itu dimusyawaratkan di tempat yang tentu, dengan dasar mendatangkan maslahat dan menjauhkan madlarat, sedang yang kedua ini didahulukan dari yang pertama.

  5. MENGUATKAN PERSATUAN

    Hendaklah menjadi tujuan kita juga, akan menguatkan persatuan organisasi dan mengokohkan pergaulan persaudaraan kita serta mempersamakan hak-hak dan memerdekakan lahirnya pikiran-pikiran kita.

  6. MENEGAKKAN KEADILAN

    Hendaklah keadilan itu dijalankan semestinya, walaupun akan mengenai badan sendiri, dan ketetapan yg sudah seadil-adil nya itu dibela dan dipertahankan dimana juga.

bersambung

Oleh: MPK PDM Gunungkidul
Sumber:
Irwan Triyanto, “Catatan Bahan Ajar ISMUBA SMA/K Muhammadiyah Ponjong”, 2007.

Image by Ingeborg Gärtner-Grein from Pixabay

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You May Also Like

Bagaimana Engkau Menghapus Dosa-dosamu?

Bagaimana engkau menghapus dosa-dosamu? adalah Kajian dari Ustadz Reki Abu Musa. Kajian…

Tazkiyatun Nafs

Tazkiyatun Nafs pada hakikatnya adalah proses pembersihan jiwa dan hati dari berbagai…