pdmgk.org; Menjadi program unggulan, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Gunungkidul bersama dr. Agus Taufiqurrahman, SpS.,M.Kes baru – baru ini telah melaunching Pesantren Ramadhan Virtual (PRV) yang bertempat di Aula BMT Dana Insani Wonosari. Kegiatan ini di hadiri oleh Ketua PWM D.I.Yogyakarta, Ketua PDM/Kota Se-D.I.Yogyakarta, Ketua PCM se-Gunungkidul, Kepala AUM se-Gunungkidul, dan tokoh masyarakat. PRV merupakan program spesial ramadhan dalam rangka memberikan layanan edukasi agama Islam kepada seluruh masyarakat luas dan merupakan langkah nyata PDM Gunungkidul dalam merespon kemajuan teknologi khususnya era digitalisasi. (26/2).

IMG 20240226 144226 2
dr. Agus Taufiqurrahman, SpS.,M.Kes di dampingi Ketua PDM Gunungkidul dan tamu undangan saat launching PRV

Drs. Sadmonodadi, MA selaku ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Gunungkidul mengatakan bahwa Pesantren Ramadhan ini telah berjalan selama tiga ramadhan. Pada awalnya program ini diselenggarakan dengan menggunakan media kertas hardcopy dari materi, modul, dll dan pada waktu itu akibat dari pandemi covid-19 yang sempat melanda di Indonesia kemudian dilaksanakan secara virtual melalui media sosial. Seiring dengan perkembangan teknologi yang efektif dan efisien, maka kemudian tahun ini PDM Gunungkidul memulai dengan terobosan baru melalui aplikasi PRV yang yang didesain oleh Majelis Pustaka dan Informasi PDM Gunungkidul. Tahun 1444 H kemarin santri yang mengikuti program ini hampir 3.000 peserta. Pesantren Ramadhan Virtual 1445 H kali ini menggunakan aplikasi sehingga di target lebih banyak lagi dengan mengajak anak, saudara, dan tetangganya.

Agus Suroyo, M.Pd.I menambahkan bahwa PRV tahun ini menggunakan aplikasi yang sudah disiapkan dan bisa didownload di play store. Ada berbagai menu yang dapat di akses seperti e-modul thaharah, ibadah, Al- quran, al-hadits, hikmah ramadhan. Disamping itu ada menu salat tarawih yang harus diisi peserta dengan memberikan keterangan dimenu. Dimenu shadaqah berisi targhib shadaqah dan ajakan bershadaqah tiap hari dengan mentransfer shadaqah ke lazismu Gunungkidul melalui qris. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan uji pemahaman dan refleksi. Diakhir aplikasi ada raport untuk melihat skor ibadah para peserta PRV.

IMG 20240226 141137 2
dr. Agus Taufiqurrahman saat menyampaikan sambutan

dr. Agus Taufiqurrahman, selaku Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah memberikan apresiasi atas inovasi dakwah PDM Gunungkidul dalam melayani umat. Harapannya PRV ini bisa diikuti 50.000 an lebih peserta. Dakwah virtual saat ini merupakan keniscayaan dimana semua orang hidupnya sudah tidak bisa dipisahkan dengan android. Program PDM Gunungkidul ternyata sinergi dengan program PP. Muhammadiyah yang saat ini juga sedang mengembangkan dakwah virtual.

Adapun aplikasi PRV sudah tersedia di playstore dan dapat di unduh disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like

Tes Seleksi Guru dan Pegawai Majelis Dikdasmen PDM Gunungkidul, Diikuti Ratusan Peserta

Wonosari; Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) PDM Gunungkidul melaksanakan seleksi guru…

RS. PKU Muhammadiyah Wonosari Rumah Sakit Ramah Difabel

Pada Tanggal 3 September 2016 lalu, RS. PKU Muhammadiyah Wonosari resmi menjadi…

Pelepasan Peserta Olympicad VI Nasional 2019 KAFILAH PDM GUNUNGKIDUL

GUNUNGKIDUL – Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Gunungkidul mengadakan Pelepasan Peserta Olympicad…

Diharapkan Menjadi Solusi Hadapi Bencana Kekeringan, RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Bangun Penampungan Air

Wonosari; PDMGK.org. Dalam Rangka mencari Solusi Hadapi Bencana Kekeringan di Kabupaten Gunungkidul, Pimpinan…