PDMGK akan rutin merilis KULTUM RAMADHAN selama Sebulan ini. Di Ramadhan 1442H yang masih dalam situasi COVID-19 ini Pimpinan Daerah Muhammadiyah Gunungkidul berupaya memberikan yang terbaik untuk Umat Islam di Gunungkidul pada Khususnya dan Umat Islam dimanapun berada pada Umunya.

Tulisan KULTUM RAMADHAN di Hari Kedua Ramadhan 1442H ini dari Ustadz Eko Tuanto, semoga memberikan manfaat dan selamat membaca.

Menjaga Lisan di Bulan Ramadhan

still surface of lake surrounded by green hills
Photo by Harry Cooke on Pexels.com

Sesungguhnya Allah SWT telah menganugerahkan kepada manusia nikmat yang sangat banyak dan besar, di antara nikmat Allah yang terbesar setelah nikmat iman dan Islam, ialah nikmat berbicara dengan lisan, nikmat kemampuan menjelaskan isi hati dan kehendak. Meski lisan merupakan nikmat yang besar, namun kita perlu mengetahui, bahwasanya lisan yang berfungsi untuk berbicara ini seperti senjata bermata dua ; yaitu dapat digunakan untuk taat kepada Allah, dan juga dapat berbuat maksiat kepada‐Nya.

Jika seorang hamba mempergunakan lisannya untuk membaca Al‐Qur`ân, berdzikir, berdoa kepada Allah, untuk amar ma’ruf, nahi munkar, atau untuk lainnya yang berupa ketaatan kepada Allah, ini merupakan bukti syukur kepada Allah terhadap nikmat lisan dan dia akan mendapat pahala yang berlimpah karenanya.

Sebaliknya, jika seseorang mempergunakan lisannya untuk berdoa kepada selain Allah, berdusta, bersaksi palsu, melakukan ghibah, namimah, memecah belah umat Islam, merusak kehormatan seorang muslim, maka ini merupakan kekufuran kepada Allah terhadap nikmat lisan.Dengan demikian, lidah manusia itu bisa menjadi faktor yang bisa mengangkat derajat seorang hamba di sisi Allah, namun juga bisa menyebabkan kecelakaan yang besar bagi pemiliknya. Rasulullah SAW bersabda ;

إ َّ ن ال عَبْدَ لَيتكَلَّ مُ بالكَلمَةِ مِنْ رضْوانِ اللَّ هِ لَا يـلْقِي لَهاِ بالًا يـرْفَـعهُ اللَّ هُ ِ ا دَرجَاتٍ وَإ َّ ن الْعَبْدَ
ليتكَلَّ مُ بالْكَلمَةِ مِنْ سَخَطِ اللَّ هِ لَا يـلْقِي لَها بالًا يَـهْوِي ا في جَهََّ ن مَ

Sesungguhnya ada seorang hamba benar‐benar berbicara dengan satu kalimat yg termasuk keridhaan Allah, dia tidak menganggapnya penting; dengan sebab satu kalimat itu Allah menaikkannya beberapa derajat. Dan sesungguhnya ada seorang hamba benar‐benar berbicara dg satu kalimat yang termasuk kemurkaan Allah, dia tidak menganggapnya penting; dg sebab satu kalimat itu dia terjungkal di dalam neraka Jahannam. [HR. Bukhari].

Tingkatkan Penjagaan Lisan Di Bulan Ramadhan

Di dalam bulan Ramadhan kita harus lebih meningkatkan upaya menjaga lisan, karena dampak yang ditimbulkan dapat menghapus pahala ibah puasa, kadang‐kadang menghapus sebagian, kadang‐kadang menghapus secara keseluruhan, bahkan menjaga lisan itu merupakan salah satu dari hikmah tujuan kita berpuasa, Rasulullah SAW bersabda;

ليْسَ ِّ الصيامُ مِنَِ الأكْلِ وَ َّ الِشرَبِ، إَّ نمَا ِّ الصيامُ مِنَ اللَّ غْوِ وَ َّ الرفثِ، فإنْ سَابَّ كَ أحَدٌ أوْ جَهُ لَ
عَليْكَ فَـلْتَـقُلْ؛ إ ِّ ني صَائمٌ ، إ ِّ ني صَائمٌ

“Puasa bukanlah hanya menahan makan dan minum saja. Akan tetapi, puasa adalah dengan menahan diri dari perkataan lagwu dan rofats. Apabila ada seseorang yang mencelamu atau berbuat usil padamu, katakanlah padanya, “Aku sedang puasa, aku sedang puasa”. [HR. Ibnu Majah].

Lagwu adalah perkataan sia‐sia dan semisalnya yang tidak berfaedah. Rofats adalah kiasan untuk hubungan badan dan semua perkataan keji.

Demikian KULTUM RAMADHAN hari Kedua 1442H Oleh Ustadz Eko Tuanto Guru SMP Al Mujahidin Wonosari Gunungkidul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

You May Also Like

Dua Waktu Yang Banyak Dilalaikan Di Bulan Ramadhan

Kultum Ramadhan Hari Ketiga 1442H, PDMGK akan rutin merilis KULTUM RAMADHAN selama Sebulan…

Puasa dan Kepedulian Sosial

Puasa dan Kepedulian Sosial; Kultum Ramadhan Hari Empat 1442H oleh Ustadz H.…

Keutamaan Sholat Tarawih

Kali ini Ustadz Solihin akan memberikan Kultum Ramadhan dengan Tema Keutamaan Sholat…

Empat Indikator Taqwa

Inilah Empat Indikator Taqwa, silahkan di simak Kultum Ramadhan dari Ustadz Untung…