Bulan Ramadhan adalah Bulan Turunnya Al Qur’an ini adalah Momen terbaik untuk Memuliakan Al-Qur’an, bagaimanapun Qur’an adalah Petujuk Terbaik Manusia, simak Kultum Ramadhan dari Ustadz Sadmonodadi berikut ini.

Ustadz Sadmonodadi membawakan Tema yang apik di Bulan Turunnnya Al Quran ini, Bulan Ramadhan, Semoga ini adalah Ramadhan terbaik kita

Memuliakan Al-Qur’an

monochrome photo of quran
Photo by Tayeb MEZAHDIA on Pexels.com

Allah swt memuliakan umat ini dengan kitab Al‐Qur’an sebagai kalam TERAGUNG. Allah swt mengumpulkan di dalamnya segala yang diperlukan MANUSIA : berupa kabar orang‐orang yang terdahulu dan yang kemudian agar kita bisa berkaca, nasihat‐nasihat untuk dipedomani, berbagai perumpaan, adab dan kepastian hukum, serta hujah‐hujah yang kuat dan jelas sebagai bukti keesaan‐Nya dan perkara‐perkara lainnya yang berkenaan dengan apa yang dibawa oleh rasul‐rasul‐Nya.

Betapa pentingnya Al‐Qur’an dlm kehidupan setiap muslim, maka Allah mewajibkan kita memuliakan Kitab‐Nya itu. Ada 4 hal yg menjadi kewajiban setiap muslim terhadap Al‐Qur’an :

Pertama. Membaca dan menghafalkan Al‐Qur‘ân. 

Membaca Al‐Qur‘ân merupakan langkah awal seseorang bermuamalah dg Al‐Qur‘ân. Allah memerintahkan kita rajin membacanya. Disediakan pahala bagi yg membacanya. Nabi bersabda:  

مَ نْ قَـرََأ حَرفا مِنْ كتابِ اللَّ هِ فَـلهُ بهِ حَسَنةٌ وَالْحسَنَةُ بعَشْرِ أمْثالِهَا لاَ أقولُ الـم حَرفٌ وَ لكِنْ ألفٌ حَرفٌ وَلاَمٌ  .حَرفٌ وَمِيمٌ حَرفٌ

“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas sepuluh kali lipat. Saya tidak mengatakan ‘Alif Lam Mim’ satu huruf, tetapi

‘Alif’ satu huruf, ‘Lam’ satu huruf, ‘Mim’ satu huruf.” (HR. At‐Tirmidzi).

Kedua. Mentadabburi dan mempelajarinyaAl‐Qur‘ân.

Meski Allah memberi pahala pada setiap bacaan al‐Qur’an, tetapi Al‐Qur’an bukanlah sekedar kitab untuk dibaca, dilantunkan dengan indah untuk memuaskan dahaga batin.

Tetapi Al Qur’an dibaca untuk difahami, untuk diambil pelajaranya. Agar kita tahu apa saja yang dinasehatkan Allah pada kita. Allah  berfirman : 

كتابٌ أنْـزلناهُ إليْكَ مُبَاركٌ لي َّ دبـَّ روا آياتِهِ وَليتذ َّ كرَ أولو الْألبابِ

Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dg berkah supaya mereka memperha‐tikan ayat‐ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang‐orang yang mempunyai fikiran”.

Ketiga. Mengamalkannya.

Demikianlah, kewajiban seseorang yg telah mengetahui sebuah ilmu hendaklah ia mengamalkannya. Sekali lagi  Al‐Qur’an itu bukan hanya kitab bacaan. Tetapi al‐qur’an adalah pedoman hidup bagi seluruh mukmin‐muslin.

dzaalika al‐kitaabu laa raiba fiihi, hudan lil muttaqiiin” 

Keempat. Mengajarkan Al‐Qur‘ân.

Islam adalah agama dakwah. Islam mewajibkan setiap muslim tanpa kecuali punya menyampaikan risalah agama kepada semua manusia.  Maka berbareng dengan menegakkan al‐Qur’an pada diri sendiri, mukmin‐muslim wajib mengajarkannya kepada orang lain, sejauh dia mampu.

Termasuk golongan orang‐orang mulia dihadaan Allah adalah mereka‐mereka yang belajar al‐Qur’an dan mengajarkannya kepada orang lain.  Nabi SAW juga bersabda:    

خَيْـركُُم مَنْ تَـعَلَّ مَ القُرآنَ وَ عَلَّ مَهُ

Sebaik‐baik kalian adalah orang yang belajar Al‐Qur‘ân dan mengajarkannya. (HR Imam Al Bukhari)

Semoga Bermanfaat…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like

Empat Mutiara Manusia Yang Dapat Hilang Karena Empat Perkara

Kultum Ramadhan 1442H dari PDMGK.org kali ini mengangkat tema yang menarik yaitu…

Menjaga Lisan di Bulan Ramadhan

PDMGK akan rutin merilis KULTUM RAMADHAN selama Sebulan ini. Di Ramadhan 1442H yang…

Empat Indikator Taqwa

Inilah Empat Indikator Taqwa, silahkan di simak Kultum Ramadhan dari Ustadz Untung…

Harta Terbaik dalam Islam

Ustadz Eko Tuanto kali ini membawakan Kultum Ramadhan tentang Harta Terbaik, selamat…