PDMGK akan rutin merilis KULTUM RAMADHAN selama Sebulan ini, dan Tulisan Pertama yang kami angkat adalah dari Ustadz H. Sadmonodadi ketua PDM Gununungkidul saat ini. Selamat Membaca.

Selamat Datang Bulan Barakah

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam memberikan kabar gembira kedatangan bulan ramadhan kepada para sahabatnya. Dari Abu Hurairah bersabda:

قَدْ جَاءكُمْ شَهْرُ رمَضَانَ شَهْرٌ مَُباركٌ

Artinya : ”Sungguh telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang diberkati. (HR Ahmad).

Ramadhan itu bulan penuh barakah. Berikut ini Barakah Ramadhan adalah:

photo of ramadan light on top of table
Photo by Ahmed Aqtai on Pexels.com


Pertama, Ramadhan adalah bulan taqwa. Ramadhan akan menghantarkan pada ketaqwaan

.يا أَي ـُّ هَا الَّ ذِينَ آمَنوا كُتبَ عَليْكُمُ ِّ الصيامُ كَمَا كُتبَ عَلى الَّ ذِينَ مِنْ قَـبْلكُمْ لعَلَّ كُمْ تَ َّ ـتـ قُونَ

“Hai orang‐orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orangorang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al‐Baqarah: 183).

Saat seseorang menjadi taqwa, maka akan terkumpul semua sifat kebaikan : sabar, ulet, tahan uji, sungguh‐sungguh, pemaaf, tepat pada janji, amanah, dan sebagainya. Taqwa juga menjadikan seseorang menjadi pemurah, bersimpati dan empati pada orang yang dhu’afa, penyayang anak yatim, orang‐orang miskin dan sebagainya.

Kedua, Ramadhan adalah bulan mujahadah. Ramadhan mendorong kita bersungguh‐sungguh dalam beribadah kepada Allah. Sungguh‐sungguh di alam mengendalikan diri, bangun malam, shaum, shalat berjamaah dsb. Semua itu akan mengundang hidayah dan cinta Allah SWT :

.وَالَّ ذِينَ جَاهَدُوا فينا لََنـهْدِيـَّ نـهُمْ سُبُـلنا وَإ َّ ن اﷲَ لمَعَ المُحْسِنينَ

“Dan orang‐orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar‐ benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan‐jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar‐benar beserta orang‐orang yang berbuat baik.” (QS. Al‐Angkabut: 69).

Ketiga, Ramadhan adalah bulan disiplin. Ramadhan menuntun kita disiplin dalam beribadah : bersahur, berbuka, shalat dan ibadah lain. Semua itu akan melahirkan sikap disiplin dalam semua aspek kehidupan.

.الَّ ذِي خَلقَ المَ وْتَ وَالْحياةَ ليبْـلوكُمْ أي ـُّ كُمْ أحْسَنُ عَمَلاً وَهُوَ العَزيزُ الغَفُوُرُ

“Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.” (QS. Al‐Mulk: 2).

Keempat, Puasa Ramadhan menyehatkan jasmani dan rohani. Bersabda Rasulullah SAW : shuumuu tashihhu ‐ berpuasalah kalian (niscaya) kalian akan sehat (al‐Hadits)

Kelima, Bulan rahmat, ampunan dan pembebasan diri dari adzab (semua hari di bulan Ramadhan adalah baik dan utama).

Keenam, di bulan Ramadhan semua do’a mustajab/dikabulkan.

ثلاثٌ دَعَوَ ٍات مُسْتجَاباتٌ: دَعْوَةُ َّ الصائِمِ وَدَعْوَةُ المُسَافِرِ وَدَعْوَةُ المَظل ِوم

“Rasulullah SAW bersabda: “(Ada) tiga (macam) do’a yang (langsung) dikabulkan (oleh Allah SWT): Do’anya orang yang berpuasa, do’anya musafir (orang yang bepergian), dan do’anya orang yang teraniaya.” (HR. al‐’Uqailiey dari Abu Hurairah).

Ketujuh, Terdapat lailatul qadar, malam yang penuh dengan keagungan, anugerah Allah SWT buat umat Nabi Muhammad SAW sebagaimana disebutkan dalam surah al‐Qadr ayat 1‐5.

Demikian Kultum Pertama di Ramadhan kali ini dari Ustadz H. Sadmonodadi (Ketua Umum Pimpinan Daerah Muhammadiyah Gunungkidul) saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

You May Also Like

Menjaga Lisan di Bulan Ramadhan

PDMGK akan rutin merilis KULTUM RAMADHAN selama Sebulan ini. Di Ramadhan 1442H yang…

Dua Waktu Yang Banyak Dilalaikan Di Bulan Ramadhan

Kultum Ramadhan Hari Ketiga 1442H, PDMGK akan rutin merilis KULTUM RAMADHAN selama Sebulan…

Puasa dan Kepedulian Sosial

Puasa dan Kepedulian Sosial; Kultum Ramadhan Hari Empat 1442H oleh Ustadz H.…

Keutamaan Sholat Tarawih

Kali ini Ustadz Solihin akan memberikan Kultum Ramadhan dengan Tema Keutamaan Sholat…