Kultum Ramadhan Hari Ketiga 1442H, PDMGK akan rutin merilis KULTUM RAMADHAN selama Sebulan ini. Di Ramadhan 1442H yang masih dalam situasi COVID-19 ini Pimpinan Daerah Muhammadiyah Gunungkidul berupaya memberikan yang terbaik untuk Umat Islam di Gunungkidul pada Khususnya dan Umat Islam dimanapun berada pada Umunya.

Kali ini Ustadz Untung Santoso akan membawakan Kultum dengan Tema Dua Waktu Yang Banyak Dilalaikan Di Bulan Ramadhan selamat membaca.

monochrome photo of quran
Photo by Tayeb MEZAHDIA on Pexels.com

Dua Waktu Yang Banyak Dilalaikan Di Bulan Ramadhan

Ada dua waktu istimewa di bulan puasa yang kurang diperhatikan. Kebanyakan orang mengisinya dengan sesuatu yang tak berguna, bahkan cenderung sia‐sia. Mereka tidak mendekatkan diri kepada Allah di dua waktu tersebut. Padahal dua waktu tersebut merupakan saat mustajab untuk dikabulkannya doa.

Pertama, menjelang berbuka puasa.

Banyak iklan‐iklan dan ajakan untuk menghabiskan waktu menunggu berbuka dengan kegiatan kumpul‐kumpul yang sering disitilahkan dengan “ngabuburit”. Biasanya, isinya obrolan ngalor‐ngidul dan jalan‐jalan. Tidak sedikit diisi dengan pertunjukan musik dan hiburan lainnya. Padahal waktu tersebut adalah waktu yang sangat berharga. Tidak selayaknya seorang shaim (orang berpuasa) menyianyiakannya. Disebutkan dalam hadits shahih, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:   

ثَلاثَةٌ لا تُـرَُّ د دَعْوَتُـهُمْ  وَ َّ الصائمُ حِينَ يـفْطِرُ الِإمَامُ العَادِلُ وَدَعْوَةُ المَظلُوِم

Tiga orang yang tidak akan ditolak doanya: orang puasa sampai ia berbuka, imam yang adil, dan doa orang yang dizalimi.” (HR. Al‐Tirmidzi)

Tiga orang yang disebutkan dalam hadits tersebut diistimewakan dengan pengabulan doa. Yakni doa mereka segera dikabulkan. Hal itu karena ketundukan mereka dalam berdoa kepada‐Nya. Terkhusus orang berpuasa saat berbuka, karena ia usai mengerjakan ibadah dan saat itu ia dalam keadaan khudhu’ dan tenang.

Karenanya para ulama salaf sangat‐sangat mengagungkan waktu penghujung hari (sore hari) karena ia menjadi penutup hari puasa. Sesungguhnya orang cerdas, tentunya akan memanfaatkan waktu yang berharga ini untuk berdoa.

Kedua,  waktu sahur. Yakni waktu menjelang fajar.

وَبالْأسْحَارِ هُمْ يسَْتـغْفِرونَ

Dan di akhir‐akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah).” (QS. Al‐Dzariyat: 18)

Dalam sebuah hadits shahih disebutkan :

أ       َّ ن رسُوْلَ اﷲِ صلى اﷲ عليه وسلم قالَ : يـنْزُِل ربـُّ نا تَـباركَ وَتَـعَالَى كُ      َّ ل لَيْـلةٍ إلَى َّ السمَاءِ ُّ الدنْـيا حِيْنَ يَـبْـقَى ثـلُثُ الأخِيِْر يـقُوْلُ : مَنْ يدْعوْنيْ فَأَسْتَجِيْبَ لهُ, مَنْ يسْألنِيْ فأعْطِيهُ, مَنْ يسْتَـغْفِرنيْ ف أَغْفِرَ لَهُ  

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun ke langit dunia pada setiap malam yaitu ketika sepertiga malam terakhir, (kemudian) Dia berfirman, ‘Barang siapa berdoa kepada‐Ku, niscaya akan Aku kabulkan, barang siapa meminta kepada‐Ku, niscaya akan Aku berikan, dan barang siapa memohon ampun kepada‐Ku, niscaya akan Aku ampuni.’”

Jadi waktu makan sahur yang menjelang fajar merupakan waktu mustajab untuk dikabulkannya doa. Maka selayaknya orang yang sedang makan sahur untuk memperbanyak doa dan istighfar di waktu yang berharga ini, sampai dikumandangkan azan shubuh.

Terlebih kita berada di bulan Ramadhan, hendaknya kita manfaatkan waktu‐waktu di dalamnya –khususnya waktu sahur ini‐ untuk memperkuat hubungan kita dengan Allah ‘Azza wa Jalla. Jangan dirusak keistimewaan waktu tersebut dengan menonton acara‐acara yang tak berguna dan cenderung melalaikan. Semoga Allah memberikan petunjuk kepada kita untuk bisa memanfaatkan kesempatankesempatan istimewa di bulan suci ini untuk meraih keberkahan dan pahala besar. Wallahu Ta’ala A’lam.

Demikianlah Kultum Ramadhan Hari Ketiga 1442H dari Ustadz H. Untung Santoso, terima kasih dan nantikan Kultum Ramadhan berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

You May Also Like

Puasa dan Kepedulian Sosial

Puasa dan Kepedulian Sosial; Kultum Ramadhan Hari Empat 1442H oleh Ustadz H.…

Keutamaan Sholat Tarawih

Kali ini Ustadz Solihin akan memberikan Kultum Ramadhan dengan Tema Keutamaan Sholat…

Empat Indikator Taqwa

Inilah Empat Indikator Taqwa, silahkan di simak Kultum Ramadhan dari Ustadz Untung…

Empat Mutiara Manusia Yang Dapat Hilang Karena Empat Perkara

Kultum Ramadhan 1442H dari PDMGK.org kali ini mengangkat tema yang menarik yaitu…