Ketua Umum PDMGK Ustadz Sadmonodadi akan memberikan Kultum Ramadhan dengan Berdo’a Tidak Pernah MerugiPDMGK akan rutin merilis KULTUM RAMADHAN selama Sebulan ini. Di Ramadhan 1442H yang masih dalam situasi COVID-19 ini Pimpinan Daerah Muhammadiyah Gunungkidul berupaya memberikan yang terbaik untuk Umat Islam di Gunungkidul pada Khususnya dan Umat Islam dimanapun berada pada Umunya.

Ada kalanya seseorang malas berdo’a. Sebabnya adalah ia merasa do’a‐do’anya tidak di dengar oleh Allah SWt. Ia merasa sudah banyak berdo’a tetapi hasilnya nol besar. Do’a‐do’anya tidak ada yang pernah terkabul, harapannya tidak pernah terwujud.

Tentu saja anggapan ini tidak benar. Allah tidak pernah menyia‐nyiakan do’a hamba‐Nya. Allah akan senantiasa mendengar do’a hamba‐Nya. Dan Allah akan mengabulkan apa saja seruan  hamba‐Nya dengan segala ke‐Maha Kasih Sayang dan ke‐Maha Kaya‐anNya.

photo of man kneeling while praying
Photo by Ali Arapoğlu on Pexels.com

Sesungguhnya  Allah Ta’ala memang Maha Mengijabahi setiap do’a.  Kepastian terkabulnya termaktub dalam janji Allah di dalam firman‐Nya :    

اُدْع وِني أسْتجِبْ لَكُمْ

Berdoalah kepada‐Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu.” (QS. Al Mu’min: 60). 

Dalam sebuah hadits disebutkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda

مَا مِنْ مُسْلمٍ يدْعو بدَعْوَةٍ ليْسَ فيهَا إثْمٌ ، ولَا قطِيعَةُ رحِمٍ ، إَّ لا أعْطاهُ اﷲُ ِ ا إحْدَى ثلَاثٍ : إ َّ ما أنْ تـعَ َّ جلَ لهُ دَعْوَتهُ ، وَإ َّ ما أنْ ي َّ دخِرهَا لهُ في الْآخِرةِ ، وَإ َّ ما أنْ يصْرفَ عَنْهُ مِنَ ُّ السوِءِ مِ ثْـلهَا . قالوا: إذا   نكثر. قال :  اﷲ أكثر.

“Tidaklah seorang muslim memanjatkan do’a pada Allah selama tidak mengandung dosa dan memutuskan silaturahmi (antar kerabat, pen) melainkan Allah akan beri padanya tiga hal: [1] Allah akan segera mengabulkan do’anya, [2] Allah akan menyimpannya baginya di akhirat kelak, dan [3] Allah akan menghindarkan darinya kejelekan yang semisal.” Para sahabat lantas mengatakan, “Kalau begitu kami akan memperbanyak berdo’a.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas berkata, “Allah nanti yang memperbanyak mengabulkan do’a‐do’a kalian.” (HR. Ahmad 3/18, dari Abu Sa’id; derajat hasan)

Demikianlah, Allah senantiasa mengabulkan do’a hamba yang berdo’a. Hanya saja wujud ijabah do’a itu tidak selalu sebagaimana yang diinginkan hamba.  Sebagaimana hadits diatas, wujud pengabulan do’a itu sebagai berikut : 

  • Bisa jadi Allah segera mengabulkan do’a sebagimana diminta. Dibayar tunai dan segera. Atau bahkan lebih dari yang diminta hamba. 
  • Bisa jadi Allah menyimpan balasan do’a itu di akhirat nanti. Do’a‐doa itu akan menjadi kebaikankebaikan yang melimpah di akhirat.
  • Atau boleh jadi wujud ijabah do’a itu berupa terhindarnya seseorang dari kejelekan. Boleh jadi Allah tidak memberikan ijabah atas do’a itu karena untuk menghindarkan dari akibat buruk. Bisa jadi apabila do’a itu dikabulkan sebagaimana diminta justru tidak membawa kebaikan bagi hamba. Mungkin seorang hamba tidak menyukai ketetapan Allah seperti ini, tetapi Allah mengetahui yang terbaik bagi seorang hamba. 

                                                           َو َع َسى أَ ْن تَ ْكَرُهوا َشْيئًا َوُه َو َخْيـٌر لَ      ُك   ْ م

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu.” (QS. Al Baqarah: 216) Jika setiap orang memahami hal ini, maka tentu ia akan terus banyak berdo’a dan banyak memohon pada Allah.

Karena setiap do’a yang dipanjatkan pasti bermanfaat. Segala sesuatu yang Allah karuniakan, itulah yang terbaik. Tidak akan merugi orang yang berdo’a.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like

Empat Mutiara Manusia Yang Dapat Hilang Karena Empat Perkara

Kultum Ramadhan 1442H dari PDMGK.org kali ini mengangkat tema yang menarik yaitu…

Memuliakan Al-Qur’an

Bulan Ramadhan adalah Bulan Turunnya Al Qur’an ini adalah Momen terbaik untuk…

Menjaga Lisan di Bulan Ramadhan

PDMGK akan rutin merilis KULTUM RAMADHAN selama Sebulan ini. Di Ramadhan 1442H yang…

Empat Indikator Taqwa

Inilah Empat Indikator Taqwa, silahkan di simak Kultum Ramadhan dari Ustadz Untung…