Kultum Ramadhan oleh Ustadz Sadmonodadi kali ini membahas mengenai Hidup ini Ujian menurut Agama Islam. Silahkan disimak dan semoga kita bisa mengambil hikmahnya.

Selamat membaca Kajian dan Kultum Rutin Ramadhan di PDMGK.org ini Semoga bermanfaat dan Jaga Kesehatan

Hidup ini Ujian

Menurut agama hidup itu ujian. Agar diketahui mana manusia yang baik amalnya. Agar kelihatan siapa yang bersyukur kepada Allah SWT dan mana yang kufur. Agar bisa dibedakan mana loyang, mana emas. 

Berfirman Allah dalam al‐Qur’an ayat 2 dari surah al‐Mulk:

الَّ ذِي خَلقَ المَوْتَ وَالْحياةَ ليبْـلوكُمْ أيُّ كُمْ أَحْسَنُ عَمَلا وَهُوَ العَزيزُ الغفُوُرُ  

Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.

photo of people leaning on wooden table
Photo by fauxels on Pexels.com

Allah Ta’ala menguji manusia di muka bumi ini dengan 4 hal, yaitu:

Ujian Nikmat.

Ada saatnya Allah menguji manusia dengan nikmat. Diberi harta, kedudukan, kesehatan, anak  anak dan lain‐lain kenikmatan.

وَهُوَ الَّذِي جَعَلَكُمْ خَلَائِفَ الْأَرْضِ وَرَفَعَ بَعْضَكُمْ فَوْقَ بَعْضٍ دَرَجَاتٍ لِيَبْلُوَكُمْ فِي مَا آتَاكُمْ ۗ إِنَّ رَبَّكَ سَرِيعُ الْعِقَابِ وَإِنَّهُ لَغَفُورٌ رَحِيمٌ 

“Dan Dialah yang menjadikan kamu penguasa‐penguasa di bumi dan Dia meninggikan sebagian kamu atas sebagian (yang lain) beberapa derajat, untuk mengujimu tentang apa yang diberikan‐Nya kepadamu.” (al‐An’am: 165)

Cara terbaik agar lulus dari ujuan kenikmatan ini adalah dengan bersyukur. Bersyukur bukan hanya mengucapkan al‐hamdulillah dengan lisan, tetapi juga dengan mengakui dalam hati bahwa semua nikmat yang diterima itu adalah pemberian Allah SWT. Selanjutnya nikmat‐nikmat itu dibelanjakan untuk sebanyak‐banyak ibadah dan untuk kemaslahatan bagi diri, keluarga dan orang banyak.

Ujian Ketaatan.

Ketika manusia diberikan ujian ketaatan, maka cara terbaik yang dilakukannya adalah dengan ikhlas menjalankan perintah‐perintah Allah itu. Harus diyakini bahwa semua perintah Allah  itu sematamata untuk kebaikan manusia.  

Selanjutnya harus tetap berhati‐hati dalam beramal agar tidak jatuh  kepada  riya’ dan pamer dalam beribadah. Ibadah yang disertai dengan riya’ dan sum’ah akan hilang nilainya.

Ujian Musibah.

Musibah yang dialami orang yang beriman disebut ujian. Musibah yang dialami orang yang bermaksiat disebut hukuman. Sedangkan musibah yang dialami orang yang tidak beriman disebut adzab. Ujian musibah antara lain gempa bumi, banjir, gunung meletus, ditinggal orang terkasih, wabah penyakit (yang membuat gerakan terbatas) dan lain sebagainya. Ketika manusia diberi ujian musibah, maka cara terbaik yang dilakukannya adalah bersabar kepada Allah. Dengan sabar musibah tidak akan terasa berat dan menghimpit hati.

Musibah juga merupakan cara Allah untuk memanggil orang beriman mendekat kepada‐Nya. Dengan musibah orang beriman diingatkan untuk senantiasa kembali ke jalan yang  benar.  

Ujian Maksiat.

Ketika manusia diberikan ujian maksiat, maka cara terbaik menyikapinya adalah dengan bertaubat kepada Allah Ta’ala. Minta tolong kepada Allah dengan menjalankan shalat dan memperbanyak menahan diri dari hal‐hal yang akan menyebabkan terjerumus kedalam dosa dan maksiyat :  

وَاسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِ ۗ وَاِنَّهَا لَكَبِيْرَةٌ اِلَّا عَلَى الْخٰشِعِيْنَۙ

Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Dan (salat) itu sungguh berat kecuali bagi orang‐orang yang khusyu’.” (Al‐Baqarah: 45)

Demikianlah Kultum Ramadhan Hidup ini Ujian dari Ustadz Sadmonodadi semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like

Empat Mutiara Manusia Yang Dapat Hilang Karena Empat Perkara

Kultum Ramadhan 1442H dari PDMGK.org kali ini mengangkat tema yang menarik yaitu…

Memuliakan Al-Qur’an

Bulan Ramadhan adalah Bulan Turunnya Al Qur’an ini adalah Momen terbaik untuk…

Empat Indikator Taqwa

Inilah Empat Indikator Taqwa, silahkan di simak Kultum Ramadhan dari Ustadz Untung…

Harta Terbaik dalam Islam

Ustadz Eko Tuanto kali ini membawakan Kultum Ramadhan tentang Harta Terbaik, selamat…