Tiga Pintu Kebaikan adalah Kultum Ramadhan dari ustadz Eko Tuanto, dibawakan dengan apik dan sederhana, selamat membaca.

Kultum Ramadhan adalah Edisi Spesial PDMGK.org yang mana hadir setiap pagi selama bulan Ramadhan 1442H ini.

Tiga Pintu Kebaikan

Sesungguhnya diantara nikmat yang paling besar kepada kita adalah dibukakannya berbagai macam pintu‐pintu kebaikan. Dan sesungguhnya pintu kebaikan yang disediakan untuk orang beriman itu banyak. Diantara pintu kebaikan adalah apa yang disabdakan oleh Nabi SAW :

ألاَ أدُلُّ كَ عَلـى أبْـوابِ الـخَيِْر ؟ َّ الصوْمُ جُنَّ ةٌ ، وَ َّ الصدَقةُ تطفِئُ الـخَطِيْئةَ كَمَـا  يُطفِئُ الـمَـاءُ النَّ ارَ ، وَصَلاَةَُّ الرجُلِ فـيْ جَوْفِ اللَّ يْلِ 

 “Maukah engkau aku tunjukkan pintu‐pintu kebaikan? Puasa adalah perisai, sedekah memadamkan kesalahan sebagaimana air memadamkan api, dan shalat seseorang di tengah malam.”  

Pintu‐pintu kebaikan yang dtunjukkan oleh hadits di atas ada tiga ;

1. Puasa

Di antara nikmat yang besar yg Allah berikan kepada kita adalah bahwa kita diwajibkan puasa sebulan penuh dibulan Ramadhan. Ini adalah nikmat yang agung. Karena dg puasa Allah gugur‐kan dosa‐dosa kita, dengan puasa Allah SWT angkat derajat kita. Rasulullah SAW bersabda:   

مَنْ صَامَ رمَضَانَ إيمانا وَاحْتسَابا غفِرَ لهُ مَا تَـقَ َّ دمَ مِنْ ذنبهِ

Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu akan diampuni”. (HR. Bukhari & Muslim)

Dengan puasa, Allah SWT memberikan banyak sekali keutamaan dan kelebihan‐kelebihan. Pendidikan jiwa, demikian pula melatih kesabaran, melatih kedermawanan, demikian pula mensyukuri nikmat berupa makanan sangat sangat agung. Pendeknya orang yang berpuasa dekat kepada kebaikan dan amalan shalih dan menjauh dari kemaksiyatan.

2. Sedekah

Sedekah itu bisa memadamkan dosa sebagaimana air bisa memadamkan api. Oleh karena itulah Allah menjanjikan pahala yang berlipat ganda bagi orang yang berinfak dijalan Allah. Sedekah akan menjadi tudung/naungan dihari kiamat, disaat matahari sangat dekat diatas kepala manusia.

Rasulullah SAW bersabda

كُ ُّ ل امْرِئٍ فيْ ظِ ِّ ل صَدَقتهِ حَ َّ تى يـفْصَلَ بَـيْنَ النَّ اسِ

“‘Setiap orang berada dibawah naungan sedekahnya hingga manusia diadili oleh pengadilan Allah’ (HR Ibnu Khuzaimah, Sanad Shahih berdasarkan Sanad Muslim)

Pada ayat terakhir surat al‐Munafiqun diceritakan  bahwa seseorang yang telah meninggal   berharap bisa kembali ke dunia untuk bisa bersedekah saat melihat besarnya pahala sedekah

3. Shalat malam

Qiyâmul lail juga menghapuskan kesalahan‐kesalahan karena qiyâmul lail adalah shalat sunnah terbaik. Rasulullah tdk pernah meninggalkannya meskipun beliau sedang safar. Rasulullâh bersabda,

 َعلَْي     ُك ْم بقِيَاِم اللَّ يلِ فَإنَّ هُ َدأ ُب َّ الصالِح ْ َين َقـْبـلَ           ُك       ْم ، َوإ َّ ن قيَ َام اللَّ ْيلِ ُقـْربَةٌ إلَـى اﷲِ َع َّ ز َو َج َّ ل ، َوَمْنـ َهاةٌ َعنِ اْ ِلإ ِْثم ، َوتُ َك ِّ فُر َّ السيِّ ئَ ِات ، َوَمطَْرَدةٌ لِ    َّ لد ِاء َع ِن الْ َـج                        َس ِد  

Hendaklah kalian mengerjakan qiyâmul lail, karena qiyâmul lail adalah kebiasaan orang‐orang shalih sebelum kalian, ibadah pendekat kepada Allah Azza wa Jalla , pencegah dari dosa, penghapus kesalahan‐kesalahan, dan pengusir penyakit dari badan“. HR. at‐Tirmidzi 

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like

Empat Mutiara Manusia Yang Dapat Hilang Karena Empat Perkara

Kultum Ramadhan 1442H dari PDMGK.org kali ini mengangkat tema yang menarik yaitu…

Memuliakan Al-Qur’an

Bulan Ramadhan adalah Bulan Turunnya Al Qur’an ini adalah Momen terbaik untuk…

Menjaga Lisan di Bulan Ramadhan

PDMGK akan rutin merilis KULTUM RAMADHAN selama Sebulan ini. Di Ramadhan 1442H yang…

Empat Indikator Taqwa

Inilah Empat Indikator Taqwa, silahkan di simak Kultum Ramadhan dari Ustadz Untung…