Belajar dari LEBAH tulisan dari Ustadz Untung Santoso ini layak kita renungkan bersama, selamat membaca Edisi Spesial Kultum Ramadhan PDMGK.org ini.

Tulisan ini adalah rangkaian tulisan dari Edisi Spesial PDMGK.org Kultum Ramadhan. Semoga memberikan manfaat.

Belajar dari LEBAH

قالَ  ا َّ ن مَثلَ  المُؤَمِنِ لكَمَثلِ النَّ حْلةِ اكَلتْ طيْبا وَوَضَعَتْ طيْبا وَوَقَـعَتْ فَـلمْ تكْسَرْ ولَمْ تـفْسَدْ     (رواه احمد) 

“Dari Abdullah bin Amru bin Ash bahwa ia mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya perumpamaan seorang mukmin seperti lebah. Dia memakan yang baik dan mengeluarkan yang baik, hinggap namun tidak memecah dan merusak.” (HR. Ahmad)

animal bee bloom blooming
Photo by Pixabay on Pexels.com

Lebah adalah serangga berbulu dan bersayap empat dan hidup dari madu kembang. Allah memberi kemampuan pada lebah untuk memakan berbagai jenis buah‐buahan dan untuk menempuh jalan‐jalan yang dimudahkan Allah bagimya sesuai dengan kemauannya, baik di udara, darat, lembah maupun dipegunungan, lalu kembali kesarangnya tanpa tersesat.

Lebah mengeluarkan madu,dan di dalamnya terdapat obat untuk manusia.  Firman Allah :

ثُمَّ  كُلِي مِن كُ ِّ ل الثَّ مَرَاتِ فَاسْلكِي سُبلَ ربِّ كِ ذُلُلًا ۚ◌  يَخْرُجُ مِن بُطوِ ا شَرَابٌ ُّ مختلفٌ ألوَانهُ فيهِ شِفَاءٌ لِّ لنَّ اسِۗ◌  إ َّ ن في ٰ  ذَلكَ لَآيةً لِّ قَوْم يـتـفَ  َّ كرونَ 

“Kemudian makanlah dari tiap‐tiap (macam) buah‐buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam‐macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar‐benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang‐orang yang memikirkan.” (QS. An‐Nahl : 69)

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan pernyataannya dalam hadits diatas mengisyaratkan agar kita meniru sifat‐sifat positif yang dimiliki oleh lebah. Sifat‐sifat itu sendiri memang merupakan ilham dari Allah SWT sebagaimana firman‐Nya dalam Al‐Qur’an Surat Al‐Nahl ayat 68 :

وَأَوْحَى ربُّ كَ إلَى النَّ حْلِ أنِ َّ اتِخذِي مِنَ الْجبالِ بـيوتا وَمِنَ َّ الشجَرِ وَممَّ ا يـعْرشُونَ 

“Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: “Buatlah sarang‐sarang di bukit‐bukit, di pohon‐pohon kayu, dan di tempat‐tempat yang dibikin manusia.” (QS. An‐Nahl : 68)

Sifat‐Sifat Lebah

Pertama, hinggap di tempat yang bersih dan menyerap hanya yang bersih

Lebah hanya hinggap ditempat‐tempat pilihan. Dia sangat jauh berbeda dengan lalat. Serangga yang lain amat mudah ditemui di tempat sampah, kotoran, dan tempat‐tempat yang berbau busuk. Tapi lebah tidak, ia hanya akan mendatangi bunga‐bunga atau buah‐buahan atau tempat bersih lainnya yang mengandung bahan madu atau nektar. Begitu lah pula sifat seorang mukmin, 

Kedua, mengeluarkan yang bersih

Lebah mengeluarkan madu, dan madu mempunyai khasiat kesehatan untuk manusia. Dia produktif dengan kebaikan, dan hasilnya dapat bermanfaat bagi mahluk lain. Begitu juga dengan sifat seorang mukmin mampu mengeluarkan kebaikan yang dirasakan oleh manusia dan mahluk lainnya.

Ketiga, tidak merusak

Seperti yang disebutkan di atas, lebah tidak pernah merusak atau mematahkan ranting yang ia hinggapi. Begitu pula seorang mukmin, setidaknya ia tidak pernah melakukan perusakan dalam hal apapun baik material atau pun non‐material.

Keempat, tidak pernah melukai kecuali kalau diganggu

Lebah tidak pernah memulai untuk menyerang. Ia akan menyerang hanya manakala merasa tergangggu atau terancam. Dan untuk mempertahankan kehormatan umat lebah itu, mereka rela mati dengan melepas sengatnya ditubuh pihak yang diserang. Sifat ini pun setidaknya perlu dimiliki oleh seorang mukmin.

Wallahu a’lam bis‐Shawab

Sebuah tulisan yang sangat Indah dan layak kita renungkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like

Empat Mutiara Manusia Yang Dapat Hilang Karena Empat Perkara

Kultum Ramadhan 1442H dari PDMGK.org kali ini mengangkat tema yang menarik yaitu…

Memuliakan Al-Qur’an

Bulan Ramadhan adalah Bulan Turunnya Al Qur’an ini adalah Momen terbaik untuk…

Menjaga Lisan di Bulan Ramadhan

PDMGK akan rutin merilis KULTUM RAMADHAN selama Sebulan ini. Di Ramadhan 1442H yang…

Empat Indikator Taqwa

Inilah Empat Indikator Taqwa, silahkan di simak Kultum Ramadhan dari Ustadz Untung…