Inilah Empat Indikator Taqwa, silahkan di simak Kultum Ramadhan dari Ustadz Untung Santoso berikut ini dan semoga kita bisa mengambil ilmu dan hikmahnya.

Empat Indikator Taqwa

Di antara sifat‐sifat orang yang bertaqwa disebutkan Allah Subhanahu Wata’ala terdapat dalam

multiethnic couple praying at table before eating
Photo by Monstera on Pexels.com

Al Quran Surat Adz‐Dzariyat  (51) : 15‐19.

إنَ المُتَّ قِينَ في جَنَّ اتٍ وَعيونٍ. ءاخِذِينَ مَآءاتاهُمْ ربـُّ هُمْ إنـَّ هُمْ كَانوا قَـبْلَ ذلكَ مُحْسِنينَ. كَان وا قَلِيلاً ِّ منَ الليْلِ مَايَـهْجَعونَ. وَبِالأَسْحَارِ هُمْ يسْتَـغْفِرونَ  .وَفي أمْوَالِهمْ حَ ُّ ق لِّ  َّ لسآئِ لِ وَالْمَحْروِم 

“Sesungguhnya orang‐orang yang bertaqwa berada di dalam taman‐taman (surga) dan di mata airmata air. Sambil mengambil apa yang diberikan kepada mereka oleh Rabb mereka. Sungguh, sebelum itu, mereka ketika di dunia adalah orang‐orang yang berbuat baik. Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam. Dan di akhir‐akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah Subhanahu Wata’ala) Dan pada harta‐harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang menjaga dirinya dari meminta‐minta.”

Pertama: Kecerdasan Sosial

 “Sungguh, sebelum itu, mereka ketika di dunia adalah orang‐orang yang berbuat baik.”

Kebaikan seseorang tidak semata‐mata diukur dari hablun minallah, rajinnya ibadah ritual, tetapi harus diimbangi dengan hablun minannas. Orang yang baik adalah yang sholih ritual dan sholih sosial. Sholihun linafsihi wa sholihun lighoirih. Manusia yang terbaik adalah yang paling banyak memberikan manfaat kepada orang lain (al Hadits);  Manusia yang paling baik adalah manusia yang bergaul (lebur) dengan manusia lain dengan tawadhu’ dan sabar atas gangguan mereka:  

وَعِبادُ َّ الرحْمَنِ الَّ ذِينَ يَمشُونَ عَلى الأرْضِ هَوْنا وَإذَا خَاطبَـهُمُ الْجاهِلونَ قَالوا سَلامًا

Dan hamba‐hamba yang baik dari Rabb Yang Maha Penyayang itu, (ialah) orang‐orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati; dan apabila orang‐orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata‐kata (yang mengandung) keselamatan.” – (QS.Al Furqan:63)

Ada dua kunci untuk sukses bergaul (bermuamalah dan bermu’asyarah) yaitu : Salamatush Shadr (dada selamat/steril dari penyakit serakah, sombong dan dengki); dan Al‐Itsar (mengutamakan/mendahulukan orang lain dalam urusan dunia). 

Kedua: Kecerdasan Ruhaniah

“Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam.”

Ia giat dan mudawamah (terus‐menerus)  dan istiqomah (konsisten) melaksanakan qiyamullail atau shalat malam. “Dan pada sebagian malam hari, shalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah‐mudahan Rabb‐mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” – (QS.17: Al Isra’ : 79)

Dengan shalat lail kita bermuhasabah dan menyadari bahwa betapa banyak persoalan kehidupan ini yang tidak dapat dipecahkan hanya dengan menonjolkan ikhtiar lahiriyah dan kecerdasan intelektual. Kita menyadari keterbatasan kapasitas diri kita.  Dan kita merendah di hadapan Allah SWT yang Maha Kuat dan Maha Perkasa. Dan Maha Memiliki segala yang diperlukan hamba‐Nya.

Ketiga: Kecerdasan Emosional

Mereka beristighfar di waktu sahur.

Ia selalu muhasabah dengan memohon ampun (beristighfar) kepada Allah Subhanahu Wata’ala di waktu sahur (di penghujung malam).  Orang yang cerdas adalah orang yang selalu intropeksi diri dan beramal untuk kehidupan sesudah mati.

Dengan banyak muhasabah, hisab di akhirat lebih ringan. Karena ia selalu minta ditutupi, dihapus kelemahannya oleh Allah SWT. Orang yang memiliki kecerdasan emosional hatinya mudah empati melihat penderitaan orang lain, dan mudah menerima kebenaran orang lain. 

Keempat: Kecerdasan Finansial

“Dan dalam hartanya ada hak bagi peminta‐minta, dan orang miskin yang menahan diri dari meminta”.

Ia senang berbagi dan memberi orang‐orang yang membutuhkannya.Maksudnya, ia gemar bersedekah dan memberikan sebagian rizki yang diberikan Allah SWT kepadanya untuk orang lain yang membutuhkan. Ia yakin dengan memberi sesungguhnya akan memperoleh; Allah SWT  akan menggantinya dan melipatgandakannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like

Empat Mutiara Manusia Yang Dapat Hilang Karena Empat Perkara

Kultum Ramadhan 1442H dari PDMGK.org kali ini mengangkat tema yang menarik yaitu…

Memuliakan Al-Qur’an

Bulan Ramadhan adalah Bulan Turunnya Al Qur’an ini adalah Momen terbaik untuk…

Menjaga Lisan di Bulan Ramadhan

PDMGK akan rutin merilis KULTUM RAMADHAN selama Sebulan ini. Di Ramadhan 1442H yang…

Harta Terbaik dalam Islam

Ustadz Eko Tuanto kali ini membawakan Kultum Ramadhan tentang Harta Terbaik, selamat…