Ustadz Eko Tuanto kali ini membawakan Kultum Ramadhan tentang Harta Terbaik, selamat menyimak di Rubrik Rutin selama Ramadhan dari PDMGK.org ini.

Harta Terbaik dalam Islam di Kultum Ramadhan 1442H ini mengupas dengan apik dan menarik. Selamat membaca.

Harta Terbaik

Banyak macam harta di dunia ini. Tetapi ada yang terbaik, sebagaimana sabda Rasulullah SAW:    

أفضَلهُ لسَانٌ ذَاكرٌ وَقَـلْبٌ شَاكرٌ وَزَوْجَةٌ مُؤْمِنةٌ تعينهُ عَلى إيمانهِ

“Harta terbaik adalah lisan yang berdzikir, hati yang bersyukur dan istri mu’minah yang membantu keimanannya (suami).” (HR. Tirmidzi)

Merujuk sabda Rasulullah di atas harta terbaik itu ada tiga :

1. Lisan yang selalu berdzikir

Ketika lisan selalu berdzikir, disaat itulah Allah akan senantiasa mengingat dia. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman:   ﴾١٥٢﴿ فاذكُروِني أذكُركُْمْ وَاشْكُروا لي ولَا تكْفُرونِ

Karena itu, ingatlah kamu kepada‐Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada‐Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)‐Ku.” (QS. Al‐Baqarah: 152)

Lisan yang senantiasa berdzikir kepada Allah menjadikan seorang hamba akan senantiasa diingat oleh Allah. Apabila Allah mengingat seorang hamba, tentunya Allah akan berikan kepada dia berbagai macam karunia dan rahmatNya, diberikan oleh Allah SWT inayah dan taufiqNya. Dengan anugerahanugerah ini, orang beriman akan mendapatkan berbagai‐bagai kebaikan. Dia akan kaya dunia dan akhirat.  

2. Hati yang bersyukur  

Hati yang bersyukur kepada Allah SWT adalah hati yang mengakui bahwa semua nikmat yang yang ia peroleh berasal dari Allah SWT. Hati yang bersyukur kepada Allah SWT, hati yang senantiasa qanaah dengan yang Allah berikan kepadanya walaupun sedikit.

Hatinya mencukupkan diri dari pemberian Allah. Ia tahu pasti bahwa Allah telah menetapkan yang terbaik baginya. Sehingga  hatinya tidak pernah berangan‐angan dan berkhayal untuk mendapatkan kehidupan dunia yang lebih banyak lagi. Ia merasa kaya dengan apa yang dia punya.

3. Istri Shalihah  

happy multiethnic family waving hands at camera
Photo by Monstera on Pexels.com

Istri yang membantu ia untuk metaati Allah SWT. Itulah seindah‐indah perhiasan dunia yang

Rasulullah disebutkan dalam haditstnya

الدنْـيا مَتاعٌ وخَيْـرُ مَتاعِ ُّ الدنْـيا المَرأةُ َّ الصالِحةُ 

Dunia adalah perhiasan dan sebaik‐baik perhiasan adalah wanita shalihah.” (HR. Muslim)

Istri yang shalihah adalah yang senantiasa berpikir bagaimana bakti ia kepada suaminya. Istri yang shalihah adalah yang berusaha bagaimana menjadikan suaminya sebagai jalan dirinya untuk masuk kepada surga Allah SWT.

Al‐Imam Al‐Bazzar meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW kedatangan seorang wanita yang ingin bertanya kepadanya karena ada kebutuhan. Lalu Rasulullah bersabda kepadanya: “Apakah kamu memiliki suami?” Wanita itu menjawab, “punya wahai Rasulullah” Kata Rasulullah, “bagaimana sikap kamu terhadap suamimu?” Wanita itu berkata, “Aku terus bersungguhsungguh untuk mentaati suamiku keculi aku yang tidak mampu ya Rasulullah” Maka Rasulullah

Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:فَانْظُِري أَيْنَ أَنْ ِت ِمْنهُ فَِإَّ نمَا ُهوَ جَنَّ تُ ِك وَنَارِ ك “Lihatlah oleh kamu bagaimana kamu dimata suamimu, karena suamimu adalah surga atau nerakamu” (HR. Ahmad)

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

You May Also Like

Menjaga Lisan di Bulan Ramadhan

PDMGK akan rutin merilis KULTUM RAMADHAN selama Sebulan ini. Di Ramadhan 1442H yang…

Dua Waktu Yang Banyak Dilalaikan Di Bulan Ramadhan

Kultum Ramadhan Hari Ketiga 1442H, PDMGK akan rutin merilis KULTUM RAMADHAN selama Sebulan…

Puasa dan Kepedulian Sosial

Puasa dan Kepedulian Sosial; Kultum Ramadhan Hari Empat 1442H oleh Ustadz H.…

Keutamaan Sholat Tarawih

Kali ini Ustadz Solihin akan memberikan Kultum Ramadhan dengan Tema Keutamaan Sholat…